Monday, July 25, 2005

money game

"www.vouchersite.com
Hallo , ayo kita berbisnis pulsa dan situs. Hanya dengan modal 100.000,- mulai pasarkan produk, dan segera dapatkan komisi penjualan yang DAHSYAT!! Penghasilan 1 - 3 juta perbulan"

demikian salah satu komentar yang akan anda baca di shoutbox plangijingga ini.

vouchersite, voucherkey, dan ribuan site 'dagang' saat ini telah membanjiri lalu lintas dunia maya. money game, demikian saya selalu menyebutnya. tanpa benda riil terjual, uang bisa beredar diantara pemilik account. dengan iming-iming jutaan rupiah sebulan, hanya dengan memainkan mouse dan keyboard komputer.

bagaimana site-site ini bekerja?
simply money game.
ada downline dan upline seperti pola dagang MLM (multilevel marketing). seorang downline akan menyetorkan sekian rupiah ke account upline nya, demikian seterusnya si downline juga akan mencari downline downline baru yang akan mengirimkan uang ke account nya.
barang yang 'katanya' diperjualbelikan bisa banyak. tapi bagaimana barang itu dipindahtangankan, belum jelas.

berapa pendapatannya?
seorang anne ahira yang mendapatkan penghargaan kartini indonesia 2005 itu misalnya, menyebutkan pendapatannya US$6,000 per bulan. sementara situs lain menyebutkan angka yang berbeda. vouchersite yang nebeng iklan di weblog saya ini misalnya, menyebutkan angka 1-3 juta sebulan.

bagaimana kelanjutannya?
polemik mengenai bisnis ini sebenarnya bukan hal baru. beberapa orang sudah menulis disejumlah website. mulai dari isu kebenaran bisnis ini, hingga SPAM. untuk yang kedua, banyak spam beredar yang dikirim ke email email gratisan.
setiap hari saya harus menghapus 10-15 junkmail yang isinya tawaran berdagang. mulai dari the famous anne ahira hingga nama-nama asing yang menjual viagra via internet, belum lagi calo asuransi dan masih banyak lagi produknya. intinya: money game.

bisnis ini mengganggu untuk saya. pertama, mengganggu karena pertama adalah bisnis tidak konvensional di dunia maya, kedua pertanyaan siapa pembeli dan siapa penjual, ketiga seluruh barangnya tidak jelas kualitas dan bentuknya, keempat jurus-jurus marketing yang menghujani semua orang dengan email (spam).

pertanyaan seorang kawannya saya yang khawatir dengan menjamurnya anne ahira dan sejenisnya, adalah:
"kalau si anne ahira itu benar-benar menghasilkan uang sebesar itu perbulannya, bayar pajak nggak dia? kalau tidak ada catatan pajaknya, bisa saja sebuah kebohongan sebagai bagian marketingnya"
(dan kalau memang tidak bayar pajak, alangkah sayangnya menteri peranan wanita memberikan penghargaan kartini 2005).

kekhawatiran saya pribadi lebih pada terganggunya privasi seorang pemilik email karena dihujani email-email tawaran berdagang yang tidak diharapkan, memenuhi bandwith mailbox dan tentu saja mengganggu karena frekuensi nya yang makin lama makin rapat.

dan saat ini spam ternyata sudah bermutasi sesuai kehausannya untuk berkembang. seperti yang anda baca di shoutbox saya.

mengganggu sekali, bukan?.

|

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

indonesia

"Poetry is a way of taking life by the throat.." Robert Frost (1874-1963)