Thursday, May 27, 2004

kimberly-clark

ring a bell dengan nama diatas???

kalau anda berdomisili di jakarta, dan sering makan di JAPOS, anda akan melihat banyak tulisan 'kimberly-clark'. di kotak tissue, mulai tissue yang ada di meja makan, sampai yang ada di kamar mandi. dan masih banyak lagi tempat-tempat lain seperti mall dan perkantoran yang memiliki kotak-kotak tissue berlabel 'kimberly-clark'.

hari ini saya sedikit tergelitik untuk mengetahui si 'kimberly-clark' ini. karena saat saya sedang berada di kamar mandi salah satu rumah sakit didekat kampus saya, pandangan saya tertuju pada sebuah tulisan di kotak tissue. tulisan yang sama yang dulu saya baca di kotak tissue di JAPOS, 'kimberly-clark'.

siapa 'kimberly-clark' ini sebenarnya?

bukan hal yang sulit ternyata, untuk mengetahu siapa dan apa 'kimberly-clark'. saya bertanya pada mbah google. dukun paling sakti abad ini. apa saja yang ingin anda ketahui, boleh tanyakan pada mbah google. siapa teman anda? publikasi yang pernah dibuat? alamat rumah? termasuk ingin tahu sudah se-kondang apakah anda? ketik nama anda di kolom pencarian google. sedikit berdoa, karena mungkin juga tidak ada satu penemuan pun untuk pencarian dengan petunjuk nama anda. mungkin memang belum cukup kondang :)

kembali ke 'kimberly-clark', dengan motto: A Health and Hygiene Leader, ternyata K-C, demikian singkatannya, adalah satu brand besar yang punya anak-anak brand seperti huggies, kleenex, kotex, scot, pull-up dan depend. beberapa nama diantaranya mungkin cukup sering kita dengar.

huggies, produk pampers bayi, yang iklannya pernah meramaikan pertelevisian kita, dengan tingkah polah model bayi-bayi yang lucu. bayi yang sedang berlatih sumo? ingat?

atau kotex, produk pembalut wanita yang setahun lalu iklannya juga gencar beredar dimana-mana. dengan hasil poolingnya yang mangatakan bahwa 8 diantara 10 perempuan membuktikan produk kotex anti bocor? lupa?

'kimberly-clark' sendiri adalah satu perusahaan multi nasional milik amerika, yang (masih) menurut site-nya sendiri, produk kimberly dan turunannya, telah digunakan di 250 negara! dan, masih menurut site tersebut, 1.3 juta orang setiap harinya menggunakan produk kimberly. sangat hebat untuk tissue dan pembalut wanita!

saya jadi sedikit berkhayal..
negara saya termasuk produsen pulp dan paper besar. mestinya kalau cuma bikin pampers, pembalut wanita, tissue dan turunannya, soal input bukan masalah. pasar, apalagi. dengan jumlah penduduk yang 220 juta, paling tidak sudah merupakan pasar yang besar. buruh, sudah jelas termasuk yang paling murah.

kapan yah, saya membaca tulisan

'Ngatinah-Joko' atau
'Sobari-Yatmi'
A Health and Hygiene Leader


di kotak-kotak tissue. di JAPOS, di mall-mall, perkantoran, atau rumah sakit didekat kampus saya?


**nama-nama yang disebut belakangan adalah fiktif belaka, kalau ada kesamaan dengan nama saudara, maap pisan..

|

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

indonesia

"Poetry is a way of taking life by the throat.." Robert Frost (1874-1963)