Wednesday, July 14, 2004

terkenal..

kemarin saya sempat singgah ke beberapa blog. membaca cukup banyak tulisan menarik, mulai dari puisi hingga catatan harian. pengintip, itu definisi seorang kawan saya untuk seorang yang suka membaca blog. dan yang saya lakukan memang mengintip. mengintip rajutan hari teman-teman lainnya.

salah satu tulisan yang saya baca ternyata menyebutkan nama seseorang yang pernah saya temui. dikisahkan dia adalah seorang sutradara video klip, yang konon kabarnya terkenal. telah menghasilkan sekian karya dan sebagainya dan sebagainya. sementara ada pihak yang menyebut si seniman tersebut sebagai klipper terkenal, beberapa orang lainnya merasa tidak mengenalnya atau bahkan mendengar namanya.

nama seniman itu sebenarnya pernah saya dengar disatu masa di tahun yang lampau. saya malah pernah ketemu, di studionya di jantung jakarta, ntah untuk apa saya juga tidak ingat. sesaat saya jadi ragu, apakah ini manusia yang sama. lantas saya segera mengirimkan sms ke kawan yang saya yakin tahu banyak mengenai per klipperan di ibukota, sekedar ingin menjawab keingintahuan saya. jawaban kawan saya singkat:
"iya bener, itu si nudnat (bukan nama sebenarnya) yang di balai air. emang karyanya banyak kok..anak ikj.."

beberapa saat saya berpikir, meskipun karyanya banyak, ternyata memang tidak semua orang tahu nama satu ini. meskipun buat teman-teman klipper, nama ini cukup kondang, tapi tidak demikian untuk orang lain.

saya jadi ingat obrolan dengan seorang teman di medium chatting. teman tersebut ingin mencari pekerjaan di sebuah organisasi international semacam pbb. saya katakan: kirim email saja ke jono (bukan nama sebenarnya). lantas teman saya itu bertanya: siapa jono?

buat saya dan sejumlah orang yang bekerja di bidang yang sama, bapak jono ini cukup terkenal. jabatannya country director untuk divisinya. tapi tetap saja, ternyata tidak semua orang tahu.

lain lagi ceritanya dengan grup musik. menurut saya: acoustic alchemy itu terkenal, demikian juga dengan david benoit dan dave koz, tapi ternyata sejumlah kawan saya tidak mengetahui nama-nama itu. pemusik itu banyak, demikian jawabannya. tapi kan mereka terkenal, elak saya.

jadi, apa patokan dikatakan seseorang itu terkenal?
apa itu terkenal?
perlu berapa banyak orang yang 'mengenal si X' supaya si X dapat dikatakan terkenal?
seratus?
seribu?
sejuta?

katakan mbak nurul, tukang pijat saya. kalau saya bisa kumpulkan 1000 orang yang mengenal atau paling tidak tahu bahwa mbak nurul itu tukang pijat. apakah mbak nurul termasuk kategori orang terkenal? atau harus lebih dari 1000?

atau mungkin seorang maria schneider, seorang komposer jazz. dia terkenal, demikian kata banyak penikmat musik jazz. tapi , menjual 20.000 keping CD musik gubahannya, bukan hal mudah. sangat sulit malah. satu indikator bahwa tidak lebih dari 20.000 orang yang mengenalnya. terkenalkah dia?

benarkah terkenal itu satu claim yang sangat subyektif. terkenal buat saya belum tentu terkenal buat anda. kalau saya tidak tahu si jono, bukan pula berarti si jono tidak terkenal. mungkin saja saya yang kurang pengetahuan. bisa pula, kami berada di kolam yang berbeda, sehingga tidak saling bersentuhan, apalagi mengenal.

jadi, apakah si nudnat, jono, acoustic alchemy, david benoit, dave koz, mbak nurul atau maria schneider itu terkenal?

bisa iya bisa tidak..
bukan tergantung siapa mereka..
tapi...
siapa anda?

*the world is big, even bigger than you...

|

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

indonesia

"Poetry is a way of taking life by the throat.." Robert Frost (1874-1963)