Wednesday, May 19, 2004

kamu manis deh...

jargon (kalau saya boleh sebut), seperti ini laku sekali dipasaran..
mungkin 3 tahun terakhir, sepengetahuan saya, kata manis sudah beralih ke cantik..

sebut saja panggilan sayang seorang kepada kekasihnya...
'cantik..' 'sayang..' 'say...'
atau
'cinta..'

dan tentu saja masih banyak turunan lainnya.
hunny bunny sweety pie sugar baby??

itu salah satu yang terpanjang yang pernah saya tahu dari kawan saya.

apa sih maksudnya?

pertanyaan sederhana ini muncul buat dara-dara yang sedang jatuh cinta, terutama saat sang pujaan hatinya mengucapkan kata-kata magis ini. kalau ingat donal bebek yang sedang pusing tujuh keliling, dalam kartunnya selalu digambarkan kepala si donal dikelilingi burung-burung terbang. bisa jadi, dara-dara jatuh cinta itu punya banyak burung beterbangan saat sebutan si manis dan si cantik mengudara. wajah mendadak dingin, sedikit pucat, rasa kebas ditangan, pening-pening asik. deg deg an...

saya tidak tahu persis kapan awalnya orang menjadikan manis cantik cinta sebagai ungkapan sayang. tapi rasanya masuk akal kalau orang mengapresiasikan apa yang dirasakannya melalui kata-kata. akan tetapi, apreasiasi ini terdegradasi secara struktural. tepat disaat dimana manis cantik dan cinta sudah menjadi kata-kata biasa yang bisa kita temukan dimana saja, diungkapkan oleh siapa saja, kenal atau tidak, dekat atau tidak, yang paling parah, melihat atau tidak.

tapi ya apa memang harus ada maksudnya?

tidak juga. demikian kata kawan saya yang memang suka sekali dengan jargon-jargon keturunan gula ini: manis, sweety, sugar, dan masih banyak lagi...
dia katakan, ungkapan ini lama-kelamaan jadi 'kata ganti orang ketiga tunggal'. maksudnya, bisa diucapkan pada siapa saja. tidak perlu pakai jatuh cinta apalagi apresiasi serius..seriously manis..atau seriously cantik..bahkan seriously sayang..

satu lagi pesan kawan tadi: liat dulu siapa yang bilang..

lalu kata saya: kasian dong yang udah seneng, berasa cantik dan manis..

jawabnya yang mengejutkan: wah kalau loe seneng, nikmati aja...kalau kagak, cuekin...
kata-kata sudah gak bisa jadi jaminan jaman sekarang. apalah artinya akhiran manis-manisan atau sayang-sayangan...

saya tertawa. antara menertawakan nasib si manis, si cantik dan rasa sayang, serta menertawakan mimik kawan saya yang lurus seolah memang demikian adanya dunia.

pembicaraan tidak perlu ini akhirnya kami diakhiri ketika kawan saya itu berteriak:

'maniss...'

dan lirih terdengar jawaban:

'meongggg.....'

oh dia memang sedang memanggil kucingnya!

* untuk semua dara-dara yang jatuh cinta..meong... :)

|

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

indonesia

"Poetry is a way of taking life by the throat.." Robert Frost (1874-1963)